oleh

visitasi akreditasi Sekolah/madrasah SD Inpres Kelapa Tiga hari pertama dan kedua Bejalan dengan lancar dan aman

Tujuan, Fungsi dan Manfaat Akreditasi Sekolah/Madrasah Terbaru. Sebagaimana disebutkan bahwa akreditasi sekolah/madrasah adalah proses penilaian secara komprehensif terhadap kelayakan satuan atau program pendidikan, yang hasilnya diwujudkan dalam bentuk pengakuan dan peringkat kelayakan dalam bentuk yang diterbitkan oleh suatu lembaga yang mandiri dan profesional.

Akreditasi tersebut memiliki tujuan, fungsi dan manfaat yang positif terhadap peningkatan mutu pada satuan pendidikan. Adapun tujuan, fungsi dan manfaat akreditasi sekolah dapat dijabarkan sebagai berikut.

Tujuan Akreditasi Sekolah/Madrasah

Tujuan penyelenggaraan akreditasi sekolah/madrasah yang dilakukan oleh BAN S/M adalah sebagai berikut.
1. Memberikan informasi tentang kelayakan sekolah/madrasah atau program yang dilaksanakannya berdasarkan SNP;
2. Memberikan pengakuan peringkat kelayakan;
3. Memetakan mutu pendidikan berdasarkan SNP; dan
4. Memberikan pertanggungjawaban kepada pemangku kepentingan (stakeholder) sebagai bentuk akuntabilitas publik.

Manfaat Akreditasi Sekolah/Madrasah

Hasil akreditasi sekolah/madrasah yang diselenggarakan oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M) bermanfaat sebagai:
1. Acuan dalam upaya peningkatan mutu dan rencana pengembangan sekolah/madrasah;
2. Umpan balik dalam usaha pemberdayaan dan pengembangan kinerja warga sekolah/madrasah dalam rangka menerapkan visi, misi, tujuan, sasaran, strategi, dan program sekolah/madrasah;
3. Motivasi agar sekolah/madrasah terus meningkatkan mutu pendidikan secara bertahap, terencana, dan kompetitif baik di tingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional bahkan regional dan internasional;
4. Bahan informasi bagi sekolah/madrasah untuk mendapatkan dukungan dari pemerintah, masyarakat, maupun sektor swasta dalam hal profesionalisme, moral, tenaga, dan dana; serta
5. Acuan bagi lembaga terkait dalam mempertimbangkan kewenangan sekolah/ madrasah sebagai penyelenggara ujian nasional.

Fungsi Akreditasi Sekolah/Madrasah

Akreditasi sekolah/madrasah yang komprehensif dapat memetakan secara utuh profil sekolah/madrasah, memiliki fungsi sebagai berikut.
1. Pengetahuan, yaitu sebagai informasi bagi semua pihak tentang kelayakan sekolah/ madrasah dilihat dari berbagai unsur terkait yang mengacu pada standar nasional pendidikan beserta indikator-indikatornya.
2. Akuntabilitas, yaitu sebagai bentuk pertanggungjawaban sekolah/madrasah kepada publik, apakah layanan yang dilakukan dan diberikan oleh sekolah/madrasah telah memenuhi harapan atau keinginan masyarakat.
2. Akuntabilitas, yaitu sebagai bentuk pertanggungjawaban sekolah/madrasah kepada publik, apakah layanan yang dilakukan dan diberikan oleh sekolah/madrasah telah memenuhi harapan atau keinginan masyarakat.
SD Inpres Kelapa Tiga Melakukan Visitasi Akreditasi Sekolah/Madrasah secara online selama dua hari, mulai tanggal 14 November – 15 November 2022 di Ruang Kantor Sekolah SD Inpres Kelapa Tiga, dihadiri oleh Guru, Siswa, Ketua Komite dan Perwakilan Orang Tua Wali.
hari pertama visitasi berjalan dengan baik dan lancar bahkan disambut dengan baik oleh para asesor tingkat provinsi.
dihari kedua berjalan dengan lancar dan aman serta disambut baik juga oleh para asesor.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *